Dunia Kata-Kata Ku

Kumpulan tulisan sendiri dan beberapa tulisan lainnya yang menarik

Ujian 29 Maret 2010

Filed under: Corat-Coret — chimutluchu @ 6:37 PM

Rasanya malas ke sekolah, namun ujian akhir praktek kimia, biologi, fisika mengharuskan ku datang. Ku tepis rasa kantuk yang menghimpit tubuh, lalu bergegas mandi dan sarapan.
Ujian praktek kimiaku agak kacau. Saat ujian praktek tahap pertama, tentang larutan asam dan basa, aku agak kesulitan dalam menentukan pH larutan. Selain itu, hasil dan kesimpulan praktek, secara tak sengaja aku tulis di belakang soal.
Begitu juga dengan ujian praktek tahap kedua, sama kacaunya. Aku kurang bisa menggunakan pipet tetes. Saat mau menimbang benda, ada sedikit gangguan, sehingga Guru Kimiaku ikut turun tangan. Padahal, sebenarnya ku bisa menggunakan neraca untuk menimbang (dulu, sempat diajarin sama ayah).
Setidaknya, aku tidak mengulang, namun nilai praktekku mungkin agak kurang.
Parahnya lagi, aku kurang tahu yang mana namanya gelas kimia, padahal itukan sama saja dengan beker.
Bukannya, aku ingin menyalahkan orang lain, situasi maupun kondisi, karena praktek kimiaku yang kacau. Namun, aku maupun temanku yang lain agak kesulitan dengan ujian praktek kimia, karena kami jarang bahkan tidak pernah praktek di laboratorium (dari pengenalan alat dan zat atau senyawa, hingga cara penggunaannya).

Selain itu, materi untuk ujian praktek tidak diberitahukan sebelumnya. Para siswa seperti saya, merasa beruntung apabila ada kelas lain yang praktek duluan. Dengan begitu, kita bisa mengetahui apa materi yang kan di ujikan. Sehingga, bisa mempersiapkan segala sesuatunya (misalnya, mempelajari materi tersebut).

Berbeda dari ujian praktek kimiaku yang agak kacau. Alhamdulillah, ujian praktek biologi dan fisika berjalan lancar.
Ujian praktek biologi tentang menguji zat yang terkandung dalam makanan, seperti karbohidrat dan cara menggunakan mikroskop serta menggambar bagian tumbuhan.

Sedangkan, ujian praktek fisika materinya tentang mengukur dan menimbang benda serta kegunaan dari suatu alat. Setiap kali ujian, langsung lima orang yang ikut dan tersedia beberapa soal, yang dijawab secara bergilir.
Suasananya agak kacau namun seru. Bagaimana tidak, dua kelas bertemu dalam satu ruangan. Tidak ada urutan, siapa yang akan praktek duluan. Tergantung dari siswa sendiri. Jadinya, para siswa berebutan untuk mengikuti ujian terlebih dahulu. Selain itu, para siswa yang menunggu gilirannya cukup ribut dalam mendiskusikan materi ujian praktek tersebut. Sehingga, gurupun menjadi kewalahan dengan sikap para siswa.

Beginilah, ujian praktek yang harus ku hadapi hari ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s