Dunia Kata-Kata Ku

Kumpulan tulisan sendiri dan beberapa tulisan lainnya yang menarik

Orang-Orang Menyebalkan di Sekitar Kita 30 Maret 2010

Filed under: Corat-Coret — chimutluchu @ 7:09 AM

Hidup itu berwarna, begitupun orang-orang yang menghiasinya. Ada yang simpatik, menyenangkan, bersahabat, tak jarang pula ada yang menyebalkan. Tipe terakhir inilah yang paling sering saya jumpai.
Ada-ada saja tingkah mereka yang menyebalkan, sehingga kita merasa terganggu dan merasa jengkel terhadap mereka.
Ada orang yang merasa sok, yaitu bersikap seolah-olah dia yang paling pintar, cantik dan sebagainya. Ada yang bersikap seperti kritikus, yang menilai semua penampilan maupun sikap seseorang, seringkali penilaian mereka negatif. Ada pula yang suka mengatur dan memerintah orang lain, istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah bossy.
Orang-orang yang menyebalkan tersebut seringkali melontarkan pertanyaan atau kritik yang itu-itu saja. Apa karena mereka lupa (kalau mereka telah menanyakannya) dan kurang kreatif (tak tahu lagi harus bicara apa), atau apakah mereka kurang cerdas ? Entahlah.
Untuk mengatasinya diperlukan kesabaran yang ekstra. Misalnya, ada seseorang yang mengomentari kita secara negatif, bila orang tersebut adalah keluarga dekat kita bisa saja menerangkan pembelaan dengan urat syaraf agak tegang. Tetapi, apabila itu orang lain, kita harus menjelaskannya secara perlahan, kita kan tidak ingin menambah masalah dan mendapat musuh.
Selain itu, kita harus bisa menahan diri dan tidak boleh emosional. Untuk mengendalikan emosi dapat dilakukan dengan cara menarik napas dalam-dalam kemudian mengjhembuskannya secara perlahan, ulangilah langkah ini beberapa kali, hingga merasa tenang.
Kita memang bukan Superman dan tidak sempurna, tetapi setidaknya kita harus bisa menerima kenyataan bahwa banyak orang yang tidak sepaham, sepandangan, maupun sealiran dengan kita.
Setiap orang diciptakan berbeda satu sama lain dan setiap pribadi itu unik. Pikiran seperti inilah yang harus kita camkan dalam hati.
Jadi, kita tidak bisa, tidak boleh, dan tidak akan, menyalahkan atau memarahi mereka yang berbeda pendapat, berseberangan pemikiran atau menilai kita secara negatif. Karena setiap orang berhak atas pendapatnya sendiri.
Apabila ada yang beranggapan kita aneh, jelek, atau apalah, ya, biarkan saja. Mereka bebas tuk bersuara.
Dan ada juga yang mengira bahwa pekerjaan kita itu sia-sia, ya, dengarkan saja. Merekapun tak salah dalam melontarkannya.
Dan sesuai dengan motto saya, yaitu “It’s my life” yang bermakna, “ini hidup saya dan yang akan menjalaninya adalah saya serta orang lain hanyalah penonton belaka”. Tetapi, terkadang penonton itulah yang paling sewot, namun biarkan sajalah anjing menggonggong dan tetaplah berlalu dengan langkah yang tegap.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s